Sabtu, 14 September 2013

Pemilihan Kakang Mbekayu Duta Wisata 2013

Pemkab Purbalingga melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda & Olah Raga (Dinbudparpora) akan menggelar ajang pemilihan Kakang Mbekayu Duta Wisata 2013. Pendaftaran sudah mulai dibuka sejak 1 September hingga 21 Oktober 2013. Grand Final dijadwalkan akan dilaksanakan pada 26 Oktober 2013 mendatang.
            Kepala Dinbudparpora Purbalingga Drs Akmad Khotib, M.Pd mengatakan, pemilihan Kakang Mbekayu Duta Wisata diharapkan akan meningkatkan citra dan branding pariwisata Purbalingga melalui kampanye kunjungan wisata dan juga ‘Visit Jateng 2013’. “Kakang Mbekayu terpilih nantinya diharapkan mampu memperkenalkan potensi dan sekaligus promosi budaya serta pariwisata Purbalingga ke masyarakat luas,” kata Khotib, Jum’at (13/9).
            Keterangan teknis pendaftaran dapat dilihat di website resmi Pemkab, www.purbalinggakab.go.id. (y)

2 komentar:

  1. Panji , Leni kakang mbekayu 2013

    Panji Ragil Saputro dan Leni Tri Astuti, akhirnya dinobatkan menjadi Kakang Mbekayu Purbalingga 2013, setelah bersaing sengit dengan 33 peserta Kakang Mbekayu Duta Wisata Purbalingga 2013, yang dilangsungkan di Balai Endah Kraca Bungur Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas, Desa Purbayasa Kecamatan Padamara, Purbalingga, Sabtu (26/10).

    Panji yang warga Desa Karangbanjar, adalah wakil dari Kecamatan Bojongsari. sementara Leni dari utusan SMA Negeri 1 Purbalingga. Dara asal Desa Kalitinggar Kidul ini, menerima Mahkota Mbekayu dari Mbekayu Purbalingga 2011, Mayunda Riani.

    Panji-Leni, selanjutnya akan mewakili Purbalingga dalam ajang serupa yang diselenggarakan di Hotel Horison Purwokerto, 8 November mendatang.

    "Mereka disiapkan menjadi duta wisata Purbalingga, dimana salah satu tugas duta wisata adalah mempromosikan potensi wisata dan budaya Purbalingga. Sehingga sejak awal harus paham potensi wisata, budaya dan seni tradisi Purbalingga,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Dinbudparpora) Drs Akhmad Khotib.

    Dikatakan Khotib, keduanya dinilai mampu menampilkan yang terbaik di depan dewan juri yang terdiri atas Wahyuning Darmastuti, Subeno, Sri Pamekas, Wasis Andi Wibowo, dan Rien Anggraeni.

    Dalam ajang itu keluar sebagai juara 2 Bobby Wicakso (Perum Penambongan) dan Nur Afni Hidayati (Purbasari Pancuran Mas), juara 3 Rico May Ferdianto (Purbasari Pancuran Mas) dan Martina Hyastika Ramadhani (Karangbanjar Bojongsari).

    Sedangkan juara harapan 1-3 Kakang adalah, Gilang Ramadhan (Bobotsari), Yefta Andrew (SMA N 1 Purbalingga), dan Fadil Saeful Isnan (SMA N 1 Purbalingga). Untuk Mbekayu masing-masing Sheli Widiyanti (SMA N 1 Purbalingga), Mega Zilviyani Putri (Karangbanjar), dan Ayu Wahyuningsih dari SMA N 2 Purbalingga.

    Mereka berhak mendapat hadiah uang pembinaan untuk juara 1 Rp 1,5 juta, juara 2 Rp 1 juta dan juara 3 Rp 750 ribu. Kemudian untuk juara harapan 1-3 masing-masing Rp 400 ribu, Rp 300 ribu dan Rp 200 ribu.

    Sekretaris Daerah (Sekda) Purbalingga Imam Subiyakto SSos MSi, saat membuka acara ini mengharapkan penyelenggaraan Kakang Mbekayu dapat meningkatkan greget pariwisata di Purbalingga. Karena Sekda yakin, salah satu jalan mengungkit ekonomi masyarakat adalah melalui berbagai kegiatan bidang pariwisata.

    Imam Subiyakto juga meminta pihak swasta mampu menangkap peluang pergantian kepemimpinan di tingkat Jawa Tengah untuk lebih giat mempromosikan potensi yang ada di Purbalingga.

    "Sekarang banyak pejabat tingkat provinsi bahkan nasional berkunjung ke Purbalingga, kita harus bisa membidik potensi itu untuk menggerakan perekonomian Purbalingga," pintanya.

    Acara itu, juga sempat disaksikan Wakil Bupati Drs H Sukento Ridho Marhaendrianto MM meski tak sampai usai. (Humas/Hr)

    BalasHapus